Manfaat Tanaman Fenugreek Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Fenugreek Untuk Kesehatan
============================================





Fenugreek, apa itu? Pasti banyak yang kurang familiar dengan jenis tanaman yang satu ini. Tanaman fenugreek atau yang dikenal dengan nama klabet / klebet dalam bahasa Indonesia ini merupakan jenis tanaman yang bisa di buat sebagai obat seperti Obat Titan Gel yang berasal dari Yunani. Wajar saja apabila banyak yang tidak familiar dengan tanaman ini. Tanaman ini sendiri masuk ke dalam keluarga Fabaceae dan merupakan jenis tanaman yang dibudidayakan pada iklim semi arid atau semi kering.


Fenugreek biji dan daun di dunia sendiri, fenugreek ditanam dan merupakan produksi dari Negara di Asia, eropa dan Afrika. Nepal, India, Pakistan, Bangladesh, Argentina, MEsir, Prancis, Spanyol, Turki, Maroko, dan China merupakan beberapa Negara yang menjadi penghasil komoditi fenugreek. India menempati urutan pertama dalam hal produksi fenugreek terbesar di dunia, yang meliputi 80% dari total negaranya. Maka dari itu banyak sekali jenis makanan dan obat – obatan herbal dari india yang menggunakan bahan dasar fenugreek.

Walaupun di Indonesia sendiri jarang, dan bahkan hampir tidak ada perkebunan fenugreek, namun tanaman ini dapat ditemui di pasar – pasar modern yang menjual berbagai kebutuhan dapur yang diimpor.

Apa saja kegunaan dari fenugreek?

Manfaat Fenugreek ternyata tidak hanya untuk masakan saja, fenugreek sendiri ternyata memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh dan juga sebagai jenis bumbu makanan. Apa saja kegunaan dari fenugreek? Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kegunaan dari tanaman fenugreek :

    Sebagai bumbu kari

Siapa tak kenal masakan kari, terutama kari yang khas berasal dari negeri India? Kari yang berasal dari India memiliki rasa yang khas, dengan banyak rempah – rempah, hampir mirip dengan kari dai derah melayu. Namun salah satu perbedaannya adalah kari yang berasal dari India memiliiki bumbu lain, yaitu biji dari fenugreek. Rasa bijinya yang tergolong pahit, menambah cita rasa khas tersendiri bagi jenis kari yang berasal dari India. Selain menjadi kari, biji dari fenugreek juga sering diolah menjadi pasta dan bubuk kari, sehingga mempermudah penyimpanan ketika anda sedang tidak ingin langsung mengolahnya menjadi kari.




    Aramaicnya

Aramaicnya merupakan suatu tradisi Yahudi yang dilakukan pada acara tahun baru yahudi, yaitu Rosh Hasana, dimana ketika pada perayaan tersebut, mereka menggunakan biji fenugreek sebagai bahan pembuatan makanan khas yang akan disantap ketika perayaan tahun baru Yahudi.

    Menjaga kolestrol

Biji fenugreek selain sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bahan dasar masakan, memiliki fungsi yang baik pula untuk menjaga kadar kolestrol di dalam tubuh anda. 2 ons biji fenugreek mampu mengatur dan menjaga tingkat kolestrol di dalam tubuh agar tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Dengan kadar kolestrol yang terkontrol dengan baik, maka anda akan terhindar dari beberapa masalah kesehatan serius, seperti :

    Serangan jantung
    Stroke
    Penyumbatan pembuluh darah.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman fenugreek. Semoga bermanfaat.

Komentar